Kunjungan Prodi Sastra Inggris UNDIRA ke Kedubes Kanada

Pada tanggal 2 Mei 2024, mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) mengadakan kunjungan ke Kedutaan Besar Kanada. Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan langsung mengenai seluk beluk negara Kanada, mencari tahu prioritas diplomatik Kanada, peluang karir dan belajar di Kanada, serta belajar tentang budaya dan masyarakat Kanada.

Bersama dua orang dosen pendamping dari Sastra Inggris UNDIRA (Ibu Putri Ayienda Dinanti, M. Hum. dan Bapak Wahyu Budi, M. Hum.), 20 orang mahasiswa Prodi Sastra Inggris UNDIRA hadir di kantor Kedubes Kanada yang beralamat di World Trade Center I, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Para civitas UNDIRA disambut hangat oleh tim petugas urusan publik dan diplomat Kedubes Kanada.

Seorang diplomat asal Kanada bernama Mr. Stuart Shaw kemudian membuka acara dan memperkenalkan sejarah, kondisi ekonomi, dan hubungan Kanada dengan Indonesia. Para mahasiswa sangat terkesan dengan keunikan negara Kanada yang memiliki dua bahasa nasional yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis. Salah satu sorotan kunjungan adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang informasi pertukaran pelajar Indonesia ke Kanada. Mahasiswa UNDIRA diinformasikan bahwa Negara Kanada sangat terbuka menyambut pelajar dari berbagai negara untuk melakukan studi, dikarenakan menurut mereka perbedaan itu indah. Kita bisa belajar banyak dari kebudayaan mereka, begitupun sebaliknya.

Mahasiswa UNDIRA juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya dalam sesi tanya jawabyang diberikan. Dalam sesi tanya jawab tersebut, delapan dari mahasiswa memberikan pertanyaan seputar negara Kanada. Pertanyaan-pertanyaan terkait kepemerintahan, diplomasi, ekonomi, hingga ke pendidikan-pun dijawab dengan jelas. Salah satu nya adalah terkait informasi beasiswa dan peluang kerja di Kanada. Telah disebutkan bahwa pelajar atau lulusan dari Indonesia memiliki peluang tinggi untuk tidak hanya melanjutkan pendidikan, namun berkarir di Kanada. Diskusi berjalan dengan kondusif dan sangat menyenangkan.

Selanjutnya, mahasiswa diajak melakukan kunjungan ke lantai 6 Kedutaan Kanada. Di lantai 6 Kedutaan Kanada terdapat area penerimaan tamu, ruang pertemuan, dan area lounge yang terdapat bendera negara Indonesia, Kanada, serta bendera Perhimpunan Negara Asia Tenggara atau lebih populer disebut ASEAN. Mahasiswa UNDIRA diberikan penjelasan tentang setiap bendera yang terpajang disana.

Selain mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang negara Kanada, mahasiswa UNDIRA sangat terinspirasi dengan masyarakat Kanada yang dengan hangat menyambut warga asing masuk ke negaranya. Kunjungan ini tidak hanya memberi mereka wawasan baru tentang negara Kanada, tetapi juga memberikan pembelajaran tentang bagaimana penduduk Kanada bisa menerima dengan baik warga asing yang berkunjung.

Sebagai tindak lanjut dari acara ini, mahasiswa Prodi Sastra Inggris UNDIRA sangat antusias untuk mengeksplorasi potensi kolaborasi antara jurusan Sastra Inggris Universitas Dian Nusantara dengan pihak Kanada, baik itu dibidang pendidikan, bisnis, atau bidang terkait lainnya. Hal tersebut diyakini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak agar membantu mencapai tujuan inovasi dan keunggulan dalam bidang pendidikan.

sasing 1

Secara keseluruhan, kunjungan mahasiswa Sastra Inggris ke Kedutaan Besar Kanada telah menjadi pengalaman yang sangat berharga dan menginspirasi. Para mahasiswa meninggalkan Kedutaan Kanada dengan wawasan dan pengalaman baru yang bermanfaat. Pengalaman tersebut dijadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk lebih baik lagi dalam berkarya serta meraih cita-cita sebagai anak bangsa Indonesia.


(Putri Alya Ardinda / Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/