Ilmu Komunikasi
Universitas Dian Nusantara / Program Akademik / Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial / Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Universitas Dian Nusantara / Program Akademik / Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial / Ilmu Komunikasi
Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial
Deskripsi Program Studi
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara sebagai lembaga pendidikan tinggi yang lulusannya akan terjun ke masyarakat, maka kurikulumnya dikemas sedemikian rupa agar mampu membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat maupun di dunia kerja atau industri. Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara adalah lulusan yang akan bekerja pada dunia kerja, dunia industri, atau wirausaha, sehingga tidak terlepas dari sistem sosial, sistem perekonomian dan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dalam penyusunan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, selain muatan hard skills juga memasukan muatan soft skills sebagai suatu amanah yang harus terkandung pada kurikulum.
Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan bagian dari Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial yang berdiri sesuai dengan ijin operasional seperti disebutkan di atas, sedangkan efektif mulai beroperasi di Jakarta yaitu pada tahun akademik 2019/2020 dengan proses pembelajarannya menggunakan kurikulum tahun 2019 yang kemudian dilakukan penyempurnaan pada tahun 2020. Penyempurnaan ini dilakukan berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 yang terus digemakan di mana penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu yang perlu diperhatikan di samping pencapaian dari visi, misi, dan sasaran program studi ilmu komunikasi.
Penyempurnaan kurikulum yang dilakukan selain pencapaian di atas, maka seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.
Program Studi Ilmu Komunikasi perlu menyesuaikan terhadap kebijakan tersebut melalui pengembangan kurikulum yakni kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi melaksanakan 2 (dua) kurikulum, yaitu kurikulum secara regular dan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan menuju pada transformasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendikbud nomor 3 tahun 2020, maka pada tahun 2021 telah dilakukan penyesuaian dengan mempertimbangkan karakteristik keilmuan di bidang ilmu komunikasi.
Visi dan Misi
Visi 
"Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030"
Misi
  1. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication) yang bermutu, terpercaya dan profesional.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan secara berkesinambungan dalam bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication).
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran berbasis teknologi terkini yang tepat guna melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien melalui lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
  5. Membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang komunikasi.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi bidang komunikasi, baik di tingkat nasional maupun global;
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang komunikasi dalam skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang komunikasi dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri, dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance
Sasaran Program Studi
  1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif didukung oleh seluruh civitas akademika.
  2. Dihasilkannya lulusan pada program studi yang mampu bekerja secara profesional dan mandiri.
  3. Tersedianya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
  4. Terwujudnya sistem tata kelola yang terpercaya sesuai standar universitas yang berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Nasional Perguruan tinggi.
  5. Terwujudnya kerjasama yang sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
Mengapa Memilih Program Studi Sastra Inggris?
Prodi Ilmu Komunikasi merupakan sebuah program secara komprehensif dengan pendekatan kritis dan yang mempelajari bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif kepada pihak yang dituju. ilmu komunikasi merupakan cabang ilmu sosial yang sifatnya multidisipliner.
Sesuai dengan visi Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu menjadi program studi terpercaya dan profesional yang berwawasan global untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan dalam bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran pada tahun 2030.
Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi bidang ilmu komunikas, baik di tingkat nasional maupun global. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran dalam skala nasional maupun global; Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang penyiaran, hubungan masyarakat, dan komunikasi pemasaran dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri dan berkelanjutan; Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance.
  • Program Studi Ilmu Komunikasi mampu memberikan dampak positif pada pribadi dalam berkomunikasi, dapat meningkatkan cara kita melihat orang lain mengembangkan dan mengelola hubungan, dan bekerja secara efektif dengan orang lain.
  • Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi mampu menjadikan pribadi yang komunikatif, berpikir kreatif, kritis, logis, dan cerdas. Mampu menentukan keputusan terbaik di setiap masalah
  • Prospek pekerjaan dinamis yang ditawarkan lulusan Prodi Ilmu Komunikasi, memiliki peluang karir selain sebagai strategic planner, konsultan, broadcaster, peneliti, akademisi, dan wirausaha/technopreneur, serta mampu memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif.
  • PR di perusahaan memiliki peranan yang cukup strategis sebagai ujung tombak perusahaan atau badan usaha, divisi marketing, teknologi media juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi.
  • Seseorang yang menguasai ilmu komunikasi dapat memperluas wawasan, mengeksplorasi pengalaman baru. Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi dapat menjadi; reporter, jurnalis, manajer produk, peneliti, public relation officer, fotografer, content creator, penyiar, video editor, dan presenter.
Konsentrasi Prodi Ilmu Komunikasi
  • Public Relation (Humas) merupakan profesi yang berkaitan erat dengan keterampilan komunikasi, strategis dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi suatu kegiatan komunikasi baik itu pemerintahan, perusahaan, atau badan usaha yang berhubungan dengan kehumasan.
  • Broadcasting (Penyiaran) merupakan pilihan konsentrasi dari Prodi Ilmu Komunikasi. Broadcasting mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disebarkan melalui media seperti televisi, radio, (mainstream media) dan new media.
  • Marketing communication (Marketing Komunikasi) adalah konsentrasi dari prodi Ilmu Komunikasi, yang lulusanya memiliki kemampuan dalam melakukan analisis konsumen dan riset pasar iklan serta bagaimana cara melakukan perencanaan media digital yang baik dan strategi kreatif iklan.
Masa Studi Prodi Ilmu Komunikasi
Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
Beban Studi (jumlah SKS yang harus ditempuh): 144 SKS
Syarat Masuk Prodi Ilmu Komunikasi
Lulus SMA IPA & IPS/SMK Administrasi dan Umum
Prospek Kerja Prodi Ilmu Komunikasi
  • Akademisi
    Lulusan Ilmu Komunikasi dapat menjadi sebagai seorang pendidik yang akan berkiprah dalam penelitian bidang komunikasi, mampu melakukan riset pasar dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  • Tenaga Ahli Bidang Konsultan
    Mampu melakukan kegiatan secara tim maupun individu guna menyelesaikan permasalahan terkait ilmu Komunikasi. Mampu merancang berbagai bentuk konsep isi dan produk media kreatif dalam bidang public relations, broadcasting dan marketing communication.
  • BUMN
    Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara sebagai strategic planner untuk membangun citra positif lembaga atau perusahaan.
  • Tenaga Ahli Pelaksana (Supervisor)
    Mampu melakukan analisa, membuat desain, konsep dan produk media kreatif dalam bidang public relations, broadcasting dan marketing communication. Mampu memvisualisasikan hasil rancangan sesuai dengan kaidah ilmu komunikasi. Mampu mengendalikan sistem komunikasi dan proses pengerjaannya dalam bidang komunikasi.
  • Wirausaha (Technopreuneur)
    Memiliki kemampuan beradaptasi, bekerja sama, membangun dan mengembangkan jejaring, berpikir kreatif, berkreasi, berkontribusi, berinovasi dan berjiwa technopreneur dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global dan menciptakan lapangan kerja baru secara mandiri.
  • Sektor Swasta
    Peluang kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi pada sektor swasta sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan sertifikasi profesi antara lain:
    • Keprofesian, Certified Public Relations Practitioner (CPR) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI), pada level strategis mencakup kemampuan dan kualifikasi keahlian dan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan strategis dalam praktek kehumasan atau public relations.
    • Keprofesian Certified Event Marketing Communication sertifikat ini diberikan untuk profesi yang bekerja di bidang event organizer atau public relations
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara memiliki dosen yang berpengalaman sesuai bidang keilmuan yang memiliki sertifikasi dan memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dengan kualifikasi Magister (S2) dan Doktoral (S3) baik lulusan dalam negeri maupun lulusan Luar negeri yang telah memiliki Jabatan Fungsional Akademik.
Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi
Tabel Distribusi Mata Kuliah
Kurikulum 2022 (Reguler)
Semester 1
  • Bahasa Indonesia Indonesian Language
  • Pancasila Pancasila (National Ideology)
  • Pengantar ilmu komunikasi Introduction to communication studies
  • Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
  • Komunikasi Organisasi Communication Of Organization
  • Teori Komunikasi Communication Theory
  • Dasar-Dasar Manajemen & Kepemimpinan Principles Of Management And Leadership
Semester 2
  • Pendidikan Karakter Character Building
  • Kewirausahaan I Entrepreneurship I
  • Komunikasi Massa Mass Communication
  • Sosiologi Komunikasi Sociology Of Communication
  • Psikologi Komunikasi Psychology Of Communication
  • Komunikasi Kreatif Creative Communication
  • Manajemen Media Massa Mess Media Management
Semester 3
  • Pendidikan agama
  • Bahasa Inggris I English I
  • Statistika Sosial* Social Statistics
  • Komunikasi Lintas Budaya Intercultural Communication
  • Metode Penelitian Kualitatif Research Method Qualitative
  • Kewirausahaan II* Entrepreneurship II
  • Dasar-Dasar Logika Principles Of Logics
Semester 4
  • Kewarganegaraan Citizenship
  • Metode Penelitian Kuantitatif Research Method Quantitative
  • New Media Convergence New Media Convergence
  • Komunikasi Global Global Communication
  • Creative Art Creative Art
  • Riset Komunikasi Communication Research
  • Human Relations Human Relations
Semester 5
  • Sinematografi (M)* Cinematography
  • Dasar-Dasar Fotografi(M)* Basic Of Photography
  • Digital Editing(M)* Digital Editing
  • Integrated Marketing Communication(M) Integrated Marketing Communication
  • Public Speaking(M)* Public Speaking
  • Komunikasi Multimedia(M) Multimedia Communications
  • Copywriting(M) Copywriting
Semester 6
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relations Media Production
  • Issue And Crisis Management Issue And Crisis Management
  • Professional Image Professional Image
  • Bahasa Inggris II English II (TOEFL)
  • Media Relations Dan Digital Monitor Media Relations And Digital Media Monitoring
  • Stakeholder Relations Stakeholder Relations
  • Corporate Reputation Management Corporate Reputation Management
Semester 7
  • Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
  • Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
  • PR Management Public Relations Management
  • Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
  • Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
  • Tugas Akhir Final Project
  • Kerja Praktek Internship
PEMINATAN MARKETING KOMUNIKASI (MARKETING COMMUNICATION)
Semester 6
  • Produksi Iklan Cetak Dan Luar Ruang* Printed And Outdoor Advertising Production
  • Media Planning And Buying Advance Media Planning And Buying Advance
  • Account Manajemen Account Management
  • Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
  • Creative Art Creative Art
  • Produksi Iklan Audio Visual Audio Visual Advertising Production
  • Digital Marketing Communications Digital Marketing Communications
  • Advertising Project Management Advertising Project Management
Semester 7
  • Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
  • Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
  • Account Manajemen Account Management
  • PR Management Public Relations Management
  • Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
  • Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
  • Tugas Akhir Final Project
  • Kerja Praktek Internship
PEMINATAN PENYIARAN (BROADCASTING)
Semester 6
  • News Cast And Announcer News Cast And Announcer
  • Penulisan Naskah Berita TV* Printed News Television
  • Dasar-Dasar Penyiaran Principles Of Broadcasting
  • Feature Dan Documenter TV Feature And Documentary Television
  • Etika Penyiaran Broadcasting Ethic
  • Keproduseran dan Program Keproduseran dan Program
  • Penulisan Naskah Non Berita TV Penulisan Naskah Non Berita TV
Semester 7
  • Produksi Radio* Radio Production
  • Sistem Studio Studio System
  • Produksi TV Production TV
  • Produksi Berita TV* Production News TV
  • Indonesia Media Sistem Indonesia Media Sistem
  • Creative Program Creative Program
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
  • Tugas Akhir Final Project
  • Kerja Praktek Internship
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dilakukan pada semester 5, 6 dan semester 7 yang dapat dipilih atau ditempuh dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar sesuai keinginannya dalam mengembangkan kompetensi di luar bidang studinya. Adapun pelaksanaan MBKM tersebut sebagai berikut:
  1. Pada Semester 5 dilakukan MBKM sebanyak 20 SKS dalam satu semester yaitu belajar di luar Program Studi di dalam Perguruan Tinggi Asal.
  2. Pada Semester 6 dilakukan MBKM sebanyak (20 - 40 SKS) dalam satu atau dua semester sesuai program studinya atau di luar program studinya di luar Perguruan Tinggi Asal.
  3. Pada Semester 7 dilakukan MBKM sebanyak (20 - 40 SKS) dalam satu atau dua semester di luar Perguruan Tinggi Asal, dengan bentuk pilihan kegiatan antara lain:
    • Magang Industri/Praktek Kerja
    • Pertukaran Pelajar
    • Mengajar pada Satuan Pendidikan
    • Kegiatan Penelitian/Riset
    • Proyek Kemanusiaan
    • Kegiatan Wirausaha
    • Studi/Proyek Independen
    • Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata
    • Bela Negara
Contact Person/e-mail : Dr. Ida Royani Damayanti / e-mail : [email protected]
Universitas Dian Nusantara
Kampus Tanjung Duren
JI Tanjung Duren Barat II No 1 Grogol Jakarta Barat.
No.Telp: 021-21194454
Kampus Green Ville
JI. Mangga 14, No 3 Kec Kebon Jeruk Jakarta Barat, 11510
Kampus Cibubur
Jl. Rawa Dolar 65 Jatiranggon, Kec Jatisampurna, Bekasi
No.Telp: 021-22176334