Manajemen
Universitas Dian Nusantara / Program Akademik / Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial / Manajemen
Manajemen
Universitas Dian Nusantara / Program Akademik / Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial / Manajemen
Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial
Deskripsi Program Studi Manajemen
Perubahan paradigma pendidikan dari supply driven ke demand driven menuntut perguruan tinggi bertanggung jawab terhadap kualitas lulusan termasuk dalam hal mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai pemasok tenaga kerja, namun juga akan menghasilkan lulusan sebagai sumber daya manusia yang benar- benar dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.
Seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Oleh karena  itu, melalui program studi sudah mempersiapkan lulusannya sebaik mungkin dalam bentuk desain kurikulum dan proses pembelajaran yang berkualitas. Menghadapi tantangan era global dan pasar bebas, diperlukan sumberdaya manusia yang profesional, berwawasan luas, kreatif dan inovatif. Perguruan tinggi harus mampu melaksanakan metode pendidikan dalam rangka membentuk lulusan yang mampu bersaing secara global dan mampu menciptakan peluang kerja. Guna mencapai tujuan tersebut maka setiap perguruan tinggi menetapkan visi, misi, tujuan dan kompetensi lulusan disesuaikan dengan kebutuhan stakeholders. Program Studi Manajemen Universitas Dian Nusantara Jakarta telah mengantisipasi kebutuhan pasar akan tenaga manajemen yang handal dan kompeten dengan kebutuhan dunia kerja, dengan melaksanakan pendidikan secara teori dan praktik. 
Program Studi Manajemen, pada  Fakultas  Bisnis dan  Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara (FBIS-UNDIRA) merupakan bagian tak terpisahkan dari organisasi Universitas Dian Nusantara secara keseluruhan, yang berkedudukan di Jakarta dengan kampus utama terletak di Jl. Raya Tanjung Duren Barat 2/1, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat, 11470. Universitas Dian Nusantara didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 115/KPT/I/2019 tentang Perubahan Lokasi Universitas Dian Nusantara dari Kota Medan ke Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Dian Asra. Yayasan Dian Asra didirikan pada tanggal 13 Juli 2018 sesuai akta notaris Nomor: 03 Tanggal 13 Juli 2018 dengan Akta Notaris H. FIDE PRIMA HARTANTO, SH., MKn. Saat ini Program Studi Manajemen Universitas Dian Nusantara medapatkan Status, Nilai, Peringkat, dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 10401/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2021 dengan Akreditasi Baik berlaku sejak 25 Agustus 2021 sampai dengan 25 Agustus 2026.
Program studi Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Manajemen mempelajari bagaimana mengendalikan roda perusahaan berupa kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba. Meskipun sama-sama di dalam bidang Ekonomi dan Bisnis, jurusan manajemen ternyata memiliki perbedaan dengan jurusan akuntansi maupun ekonomi. Jurusan manajemen ini merupakan salah satu jurusan yang lebih menjurus kepada pengaturan manajemen kegiatan perusahaan. Bisa dibilang jurusan yang satu ini adalah satu jurusan yang bertugas untuk mengendalikan arah dan roda dari suatu perusahaan ketika lulus kelak. Dari jurusan manajemen ini terbagi menjadi beberapa peminatan. Setiap peminatan dari jurusan tersebut juga memiliki tugas dan kelebihan masing-masing.
Menghasilkan lulusan yang berjiwa dan berkarakter, profil lulusan disusun oleh program studi manajemen untuk dapat menjalankan peran-peran yang dinyatakan dalam profil tersebut sesuai dengan kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan CPL. Peran yang dapat dilakukan oleh lulusan sesuai dengan kompetensi bidang manajemen yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industri, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Adapun profil lulusan program studi Manajemen diharapkan akan menjadi seorang Asisten Peneliti Bidang Ekonomi Manajemen/ Asisten Akademisi, Tenaga Ahli Bidang Ekonomi Manajemen, Profesional, Konsultan, Tenaga Ahli Bidang Manajemen dan Wirausaha
Konsentrasi atau Peminatan Program Studi Manajemen:
  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Keuangan
  4. Manajemen Operasional
Prodi Manajemen Undira saat ini memiliki oleh 23 orang dosen tetap yang memiliki nomor induk dosen nasional (ber-NIDN) dengan kualifikasi 50% berpendidikan Doktor (S3) dalam dan luar negeri dan Magister (S2) dan memiliki kepangkatan Jabatan Fungsional Akademik terdiri dari Profesor, Lektor Kepala, Lektor dan Asisten Ahli dan dan tersertifikasi Pendidik Kementerian Dikti. 
Lama studi di program studi Manajemen adalah 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun dengan masa tunggu mencari kerja 3 bulan. Syarat untuk memasuki program studi Manajemen adalah Lulusan SMU IPA/IPS, SMK sejenis dan kedepan akan menerima D3 yang akan menlanjutkan jenjang S1 serta mahasiswa pindahan.
Visi dan Misi
Visi 
"Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030"
Misi
  1. Menyelenggarakan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasional yang Bermutu, Terpercaya dan Professional.
  2. Mengembangkan Kemampuan dan Keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan Dunia industri dan Kewirausahaan secara berkesinambungan dalam Bidang Manajemen.
  3. Menyediakan Sarana dan Prasarana pendukung proses belajar mengajar Bidang Manajemen melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan Tata Kelola Program Studi yang Efektif dan Efisien melalui lingkungan kerja yang Harmonis dan Produktif.
  5. Membangun Kerja Sama dan Hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang Manajemen.
2. Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan Ilmu Bisnis dan Sosial baik di tingkat nasional maupun global.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional dalam skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance.
3. Strategi Pencapaian
a. Meningkatkan kualitas Tata Pamong dan Tata Kelola Program Studi.
  1. Menyempurnakan struktur organisasi yang sehat dan efisien dalam mengelola program studi.
  2. Menganalisis dan mengevalusi struktur organisasi yang ada berdasarkan job analisis.
  3. Menetapkan struktur orginisasi dilengkapi tugas pokok dan fungsi masing- masing unit kerja.
  4. Mempersiapkan panduan organisasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan organisasi.
  5. Melakukan analisis dan evaluasi atas efektivitas dan efisiensi organisasi secara berkala.
b. Menyempurnakan kurikulum berbasis kompetensi
  1. Melaksanakan analisis dan evaluasi internal dan eksternal program studi untuk menetapkan kurikulum, dengan memperhatikan kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya, dengan melibatkan stakeholder internal dan stakeholder eksternal, paling lama 4 tahun sekali.
  2. Menyusun Rancangan Pembelajaran semester setiap mata kuliah secara daring maupun luring.
  3. Melengkapi media pengajaran berbasis Teknologi Informasi dan komonikasi
  4. Melakukan umpan balik kepada pengguna lulusan.
c. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan dapat melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, dengan:
  1. Menetapkan tenaga pendidik sebagai pengasuh mata kuliah berdasarkan kompetensi yang dimiliki.
  2. Menyusun modul pengajaran setiap mata kuliah dilengkapi dengan Rancangan Pembelajaran semester.
  3. Melakukan umpan balik dengan melakukan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM).
  4. Memberi kesempatan kepada tenaga pendidik untuk studi lanjut dan berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan ilmiah.
  5. Memfasilitasi tenaga pendidik untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Mempersiapkan kaderisasi tenaga pendidik.
d. Mengembangkan kualitas penerimaan mahasiswa.
  1. Menetapkan sistem penerimaan calon mahasiswa.
  2. Menetapkan standar kualifikasi minimum bagi calon mahasiswa.
  3. Menetapkan Standar Operasi Prosedur (SOP) seleksi calon mahasiswa.
  4. Menetapkan SOP penetapan biaya kuliah bagi mahasiswa baru.
  5. Mengembangkan system pemasaran penerimaan mahasiswa baru.
e. Meningkatkan efektifitas sistem tata pamong dan manajemen sistem penjaminan mutu internal program studi.
  1. Melaksanakan analisis dan evaluasi sistem yang sedang berjalan.
  2. Menyempurnakan struktur organisasi, wewenang, tugas pokok dan fungsi, serta tanggungjawab semua pejabat struktural.
  3. Membangun sistem penjaminan mutu internal efektif dan efisien.
  4. Mengembangkan kerja sama bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan instansi lain.
f. Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan yang kompeten yang dapat menunjang pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi pada program studi.
  1. Menetapkan tenaga kependidikan sebagai tenaga administrasi atau tenaga pendukung berdasarkan kompetensi yang dimiliki.
  2. Menetapkan tatakerja dan sistem evaluasi kinerja tenaga kependidikan.
  3. Menetapkan standar minimal tenaga kependidikan
  4. Memberi kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk mengikuti kursus bersertifikasi.
g. Melengkapi media pembelajaran yang sesuai untuk mendukung proses belajar mengajar
  1. Melakukan investasi pengadaan media pembelajaran yang cukup dan layak sesuai dengan kemampuan sumber daya.
  2. Melengkapi media pembelajaran daring dan luring.
  3. Melaksanakan program pemeliharaan media pembelajaran secara teratur sehingga selalu siap untuk digunakan.
  4. Melakukan umpan balik atas ketersediaan media pembelajaran.
h. Mengembangkan metode dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi,
  1. Melaksanakan pelatihan di bidang teknologi pembelajaran untuk memperoleh metode dan teknik pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Melaksanakan metode dan teknik pembelajaran student center learning.
  3. Melakukan umpan balik atas pelaksanaan metode dan teknik pembelajaran.
i. Mengembangkan muatan soft skill yang terintegrasi di dalam kurikulum
  1. Mempersiapkan Modul dan Rancangan Pembelajaran semester yang bertumpu pada peningkatan softskill pada masing-masing mata kuliah.
  2. Menciptakan lingkungan kampus yang dapat memotivasi peningkatan kualitas akhlak mahasiswa.
  3. Melaksanakan kegiatan extrakurikuler kemahasiswaan yang terintegrasi dalam kurikulum.
j. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal secarakonsisten dan berkelanjutan
  1. Menganalisis dan mengevaluasi sistem penjamin mutu internal yang sedang berjalan.
  2. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal secara konsisten
  3. Menetapkan standar sistem penjaminan mutu internal .
  4. Menetapkan monitoring, evaluasi dan audit mutu akademik internal.
  5. Melakukan umpan balik untuk mendapatkan hasil pendidikan yang optimal.
k. Meningkatkan kualitas produk pengajaran
  1. Memfasilitasi dan mendorong Tenaga Pendidik untuk pembuatan buku ajar dan modul ajar.
  2. Menyusun program integrasi antara kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran.
  3. Meningkatkan kualitas suasana akademik dan kompetensi lulusan
  4. Memfasilitasi dan mendorong Tenaga Pendidik untuk memperoleh dana hibah buku ajar dan modul ajar dari Dikti.
l. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Penelitian, dengan cara:
  1. Menyusun program penelitian dalam bidang mekanikal yang proporsional dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dengan melibatkan mahasiswa, serta memberikan masukan untuk kegiatan pembelajaran.
  2. Mengembangkan laboratorium berbasis riset and teaching laboratory
  3. Termanfaatkannya hasil penelitian Program Studi Manejemen di Masyarakat.
  4. Memperluas skema sumber pendanaan untuk biaya penelitian.
  5. Membangun kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi lain dan lembaga riset, untuk meningkatkan profesionalisme peneliti.
  6. Memfasilitasi dan mendorong dosen untuk memperoleh dana hibah penelitian dari DP2M Dikti dan Instansi lain.
m. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pengabdian kepada masyarakat, dengan cara:
  1. Menganalisis dan mengevaluasi pengabdian pada masyarakat yang telah lalu dan sedang berjalan.
  2. Menyusun program pengabdian pada masyarakat yang mendasarkan pada hasil penelitian yang bisa memberikan umpan balik untuk kegiatan Pendidikan, serta bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dengan melibatkan mahasiswa.
  3. Mempersiapkan sumber pendanaan alternatif untuk pembiayaan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Membangun kerjasama pengabdian kepada masyarakat dengan pemerintah dan instansi swasta.
  5. Memfasilitasi dan mendorong Tenaga Pendidik untuk memperoleh dana hibah Pengabdian kepada Masyarakat dari DP2M-Dikti dan Instansi lain.
n. Memiliki sistem pendidikan yang menjunjung tinggi etika keilmuan dan profesional dan berstandar internasional.
  1. Menyusun kurikulum yang bermuatan etika keilmuan dan berbasi standar nasional Pendidikan tingg.
  2. Mempersiapkan tenaga pendidik yang beretika dalam menyelenggarakan proses pengajaran.
  3. Mempersiapkan tenaga kependidikan yang beretika dalam pelayanan.
  4. Memfasilitasi dan mendorong Tenaga Pendidik serta Mahasiswa mengikuti pertemuan ilmiah internasional.
5. Mengapa Memilih Program Studi Manajemen
  1. Jurusan manajemen dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan
    Ilmu manajerial sangat penting dan dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan. Dalam jurusan manajemen mempelajari mengenai tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahan atau organisasi, bisa dikatakan isi dari kuliah jurusan manajemen juga menawarkan beragam pilihan mata kuliah mulai dari mengelola proyek dan keuangan nantinya, hingga mengatur manusia.
  2. Peluang kerja yang luas
    Jurusan manajemen sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai bidang. Lulusan manajemen dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi secara aktif.
  3. Lebih fleksibel
    Jurusan manajemen bisa masuk kemana saja dan dapat diterapkan dimana saja, tergantung bagaimana cara mengaplikasikan ilmu manajemen yang didapat di tempat kuliah dalam dunia kerja sehingga menghasilkan pekerjaan yang lebih optimal atau maksimal.
  4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi
    Jurusan ini mampu membentuk kemampuan berorganisasi yang baik pada diri mahasiswa. Dalam bidang manajemen, keahlian untuk berorganisasi sangat diperlukan untuk menunjang peran di dunia kerja.
  5. Mudah beradaptasi
    Proses adaptasi untuk jurusan manajemen terbilang mudah dan singkat. Pada awal masa perkuliahan kamu akan diperkenalkan dengan beragam dasar-dasar dari ilmu manajemen sebelum masuk pada bagian spesial atau khusus yang dimilikinya. Jadi, tidak perlu merasa khawatir jika memilih jurusan IPA pada saat di bangku SMA. Meskipun jurusan manajemen dikenal sebagai salah satu cabang dari  IPS.
 6. Kurikulum Program Studi Manajemen
Kurikulum Program Studi Manajemen disusun sesuai dengan kebutuhan dunia industry yang  mengacu pada peraturan pemerintah yang berlaku dan berbasis KKNI yaitu yang menggabungkan kompetensi  dari aspek hard skills maupun soft skills. Kurikulum program studi Manajemen disebut dengan kurikulum tahun 2022 dan MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka).
 
 

Tabel Distribusi Mata Kuliah Per Semester
Kurikulum 2022 (Reguler MBKM)

Daftar sebaran mata kuliah dalam kurikulum MBKM 2022 Program Studi Manajemen ditunjukkan pada tabel-6

Semester 1
  • Pancasila (EL)
  • Bahasa Indonesia (EL)
  • Pengatar Ekonomi Bisnis
  • Pengantar Ekonomi Mikro
  • Pengantar Akuntansi (SA)
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Manajemen
Semester 2
  • Akuntansi Berbasis Komputer
  • Pendidikan Karakter (EL)
  • Kewirausahaan 1 (EL)
  • Etika dan Hukum Bisnis (EL)
  • Pengantar Ekonomi Makro
  • Komunikasi Lintas Budaya
  • Perpajakan (SA)
Semester 3
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasional (EL)
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Pendidikan Agama (EL)
  • Bahasa Inggris 1 (EL)
  • Perekonomian Indonesia (SA)
Semester 4
  • Kewirausahaan ll (EL)
  • Simulasi Bisnis (EL)
  • Penganggaran Perusahaan
  • Statistik
  • Kewarganegaraan (EL)
  • Manajemen Perubahan (SA)
Semester 5
  • Perbankan Syariah 
  • Klinik Wirausaha
  • Sistem Informasi Manajemen (SA)
  • Perilaku Organisasi (EL)
  • Manajemen Strategi (EL)
  • Bisnis Internasional (EL)
  • Perilaku Konsumen
Semester 6
  • sistem akademik
  • Metodelogi Penelitian
  • Bahasa Inggris 2 (TOEFL) (EL)
  • Pasar Modal (SA)
  • Pilihan Konsentrasi 1 ( Pemasaran / SDM / Keuangan / Operasional ) (EL)
  • Pilihan Konsentrasi 2 ( Pemasaran / SDM/ Keuangan / Operasional ) (EL)
  • Pilihan Konsentrasi 3 ( Pemasaran / SDM / Keuangan / Operasional )
 
Semester 7
  • Pengambilan  Keputusan Manajerial
  • Magang
  • Prociency/Kemahiran Bahasa Inggris (TOEIC) (EL)
Semester 8
  • Tugas Akhir
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dilakukan pada semester 5, 6 dan semester 7 yang dapat dipilih atau ditempuh dengan memberikan kebebasan kepada Mahasiswanya untuk belajar sesuai keinginannya dalam mengembangkan kompetensi diluar bidang studinya. Adapun pelaksanaan MBKMnya sebagai berikut :
  1. Pada Semester 5 dilakukan MBKM sebanyak 20 sks dalam satu semester yaitu belajar di luar Program Studinya didalam Universitasnya.
  2. Pada Semester 6 dilakukan MBKM sebanyak (20 s.d 40) sks dalam satu atau dua semester sesuai program studinya atau diluar program studinya di luar Universitas.
  3. Pada Semester 7 dilakukan MBKM sebanyak (20 s.d 40) sks dalam satu atau dua semester diluar Perguruan TInggi, dengan bentuk pilihan kegiatan antara lain :
    a. Magang Industri/Praktek Kerja
    b. Pertukaran Pelajar
    c. Mengajar pada Satuan Pendidikan
    d. Kegiatan Penelitian/Riset
    e. Proyek Kemanusiaan
    f.  Kegiatan Wirausaha
    g. Studi/Proyek Independen
    h. Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata
    i.  Bela Negara
7. Kegiatan Pengembangan Keorganisasian Mahasiswa (HIMA-Manajemen)

Untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan keorganisasian dan untuk dapat berinteraksi antar sesama mahasiswa baik didalam program studinya maupun diluar program studinya didalam Universitas serta interaksi dengan mahasiswa diluar universitas nya maka mahasiswa diberikan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat serta prestasinya Unversitas Dian Nusantara memfasilitasi mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMA-Manajemen) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
 
8. Contact person/email                : [email protected]
 
Universitas Dian Nusantara
Kampus Tanjung Duren
JI Tanjung Duren Barat II No 1 Grogol Jakarta Barat.
No.Telp: 021-21194454
Kampus Green Ville
JI. Mangga 14, No 3 Kec Kebon Jeruk Jakarta Barat, 11510
Kampus Cibubur
Jl. Rawa Dolar 65 Jatiranggon, Kec Jatisampurna, Bekasi
No.Telp: 021-22176334