Sastra Inggris

Deskripsi Program Studi
Program Studi Sastra Inggris, mahasiswa belajar meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat pemakai Bahasa Inggris. Mahasiswa-mahasiswa yang kuliah bahasa Inggris akan belajar mengenai aspek linguistik yang meliputi fonologi, semantik, dan morfologi untuk memberikan pondasi kuat dalam penguasaan bahasa Inggris. Kemudian, mahasiswa-mahasiswa belajar mengenai Sastra Inggris lewat mata kuliah prosa, puisi, drama, perbandingan sastra, sastra kontemporer dunia, kajian sinema, dan budaya populer. Mata kuliah kajian sastra akan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis dalam mengkaji dan mengulas karya-karya sastra serta menghubungkannya dengan konteks kehidupan masa kini.
Kegiatan perkuliahan di Program Studi Sastra Inggris dilakukan secara hibrida dalam bentuk kombinasi perkuliahan tatap muka dan perkuliahan daring (online learning). Lewat bimbingan dosen, mahasiswa belajar dalam bentuk kelompok untuk mengembangkan kemampuan bekerja kolaboratif dan kemampuan komunikasi. Tugas-tugas perkuliahan diberikan secara lisan dan tertulis untuk melatih serta meningkatkan keterampilan literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Agar mahasiswa memiliki kecakapan pendukung di dunia kerja, mahasiswa belajar mengenai kewirausahaan dan literasi digital. Kurikulum Sastra Inggris juga memberikan tiga pilihan konsentrasi seperti penerjemahan, pengajaran Bahasa Inggris, dan sastra terapan yang membekali mahasiswa dengan keterampilan kerja di dunia bisnis.

Visi dan Misi

Visi 
"Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam sastra, penerjemahan, dan pengajaran bahasa Inggris pada tahun 2030"

Misi
  1. Menyelenggarakan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bidang sastra, penerjemahan, dan pengajaran Bahasa Inggris yang bermutu, terpercaya dan profesional.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan secara berkesinambungan dalam bidang sastra, penerjemahan, dan pengajaran Bahasa Inggris.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung proses mengajar belajar dalam bidang sastra, penerjemahan, dan pengajaran Bahasa Inggris melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien melalui lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang sastra dan Bahasa Inggris.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi dalam bidang linguistik, penerjemahan, dan pengajaran bahasa Inggris, baik di tingkat nasional maupun global.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovatif yang mendorong pengembangan sains dan teknologi dalam bidang linguistik, penerjemahan, dan pengajaran Bahasa Inggris pada skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang linguistik, penerjemahan, dan pengajaran Bahasa Inggris dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri, dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif, dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance.
Sasaran Program Studi
  1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif didukung oleh seluruh civitas akademika.
  2. Dihasilkannya lulusan pada program studi yang mampu bekerja secara profesional dan mandiri.
  3. Tersedianya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
  4. Terwujudnya sistem tata kelola yang terpercaya sesuai standar universitas yang berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Nasional Perguruan tinggi.
  5. Terwujudnya kerjasama yang sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
Mengapa Memilih Program Studi Sastra Inggris?
Program Studi Sastra Inggris Undira telah terakreditasi ‘Baik’ oleh BAN PT. Selain itu, Prodi Sastra Inggris Undira adalah anggota English Studies Association in Indonesia (Asosiasi Studi Inggris di Indonesia) dan ini berarti kurikulum program studi mengacu pada capaian standar yang telah ditetapkan oleh Asosiasi Program Studi Inggris se-Indonesia. Kurikulum program studi juga disusun lewat kegiatan diskusi dengan dunia industri. Prodi Sastra Inggris Undira juga memiliki kerja sama dengan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan organisasi lainnya yang bertujuan meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik mahasiswa Undira.
Program Studi Sastra Inggris Undira melengkapi wawasan dan pengetahuan mahasiswa dengan menyelenggarakan seminar/webinar rutin dan mengundang pembicara dari kelompok profesional dan organisasi dari dalam serta luar negeri. Kunjungi kanal Sastra Inggris Undira di YouTube untuk melihat rekaman-rekaman kegiatan webinar yang pernah dilaksanakan.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Sastra Inggris
Lulusan Program Studi Sastra Inggris akan mendapatkan gelar Sarjana Sastra (S.S.). Seorang sarjana Sastra Inggris bisa berkecimpung dalam bidang-bidang yang terkait bahasa seperti menjadi penulis, content writer, penyunting (editor) di penerbitan, penerjemah, juru bahasa, guru/instruktur, atau menjadi wartawan/reporter. Lulusan Program Studi Sastra Inggris bisa berkecimpung di pemerintahan sebagai Asisten Sipil Negara (ASN), TNI, Polisi, atau karyawan BUMN dengan keterampilan bahasa Inggris, literasi digital, kemampuan berpikir analitis dan kerja kreatif yang dimilikinya.
 
Kontak person : 

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/