html hit counter Meningkatkan Kualitas Penjaminan Mutu: PPMI UNDIRA Adakan External Benchmarking Dengan SPM Telkom University - Universitas Dian Nusantara

Meningkatkan Kualitas Penjaminan Mutu: PPMI UNDIRA Adakan External Benchmarking Dengan SPM Telkom University

30 September 2024

Bandung, 27 September 2024 - Telah dilaksanakan kegiatan External Benchmarking Dalam Rangka Peningkatan Standar Mutu Pusat Penjaminan Mutu Internal (PPMI) Universitas Dian Nusantara ke Satuan Penjaminan Mutu Telkom University, Bandung, Jawa Barat. 

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka mendapatkan wawasan mengenai pengelolaan penjaminan mutu sesuai siklus PPEPP sekaligus sebagai rekomendasi untuk peningkatan mutu di Universitas Dian Nusantara.

Pada kegiatan tersebut, PPMI Universitas Dian Nusantara diikuti oleh Ir. Margono Sugeng, M.Sc. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, Sri Hesti, S.IKom., M.IKom., mewakili ketua PPMI, 2 staf PPMI dan 7 koordinator tim Auditor AMI PPMI Universitas Dian Nusantara.  

1

Kedatangan tim PPMI tersebut diterima oleh Dr. Ade Romadhony selaku Kepala Bagian Satuan Penjaminan Mutu, Dr. Mohamad Syahriar Sugandi selaku Kepala Bagian Satuan Audit Internal, Weihisfenli Saragih selaku kepala urusan Analisis Mutu, Mariana Yosephine Frima selaku kepala Urusan Akreditasi Bidang Sosial dan Humaniora, Djakaria, selaku Kepala Urusan Layanan dan Pengendalian Dokumen Mutu, Gerahadian Redha, selaku Kepala Urusan Pengembanga Sistem Mutu dan Choiria Anggraini selaku Kepala Urusan Audit (Satuan Audit Internal).

Agenda penting yang dibahas pada sesi diskusi kegiatan tersebut adalah salah satunya berkaitan dengan siklus nomor 3 yakni Evaluasi seperti pelaksanaan audit mutu internal dan evaluasi lain yang dilakukan oleh SPM Universitas Telkom.

Dalam pengelolaan sebuah institusi perlu diketahui bahwa, audit dilaksanakan sebagai bentuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas proses manajemen risiko, pengendalian, dan tata kelola institusi. Tujuan diberlakukannya pengelolaan audit adalah untuk memastikan bahwa organisasi beroperasi secara efisien, mematuhi peraturan yang berlaku, dan mampu mencapai tujuan strategisnya. 

Melalui pengelolaan mutu tersebut terdapat beberapa kegiatan evaluasi lain yang dilakukan oleh SPM Telkom University yakni; survey Kepuasan Pegawai, Mahasiswa, Mitra, Orang Tua/Wali dan Survey Unit dan lain sebagainya.

Di Telkom University, Pengelolaan audit internal telah dilakukan melalui manajemen sistem yang disebut AMES, yang didalamnya telah tersedia pertanyaan auditor, target dan juga dapat memantau risiko di setiap unit yang memiliki risiko.

Secara teknis, dalam upaya melaksanakan audit yang profesional, Universitas Telkom memberikan in-house training Tim Auditor yang dilakukan oleh tim internal dengan fasilitator eksternal untuk keperluan sertifikasi.

1

Melalui audit tentu harapannya adalah untuk menjamin mutu universitas secara berkelanjutan, dalam hal ini pula Universitas Telkom memberikan statement terkait budaya mutu dalam rangka menjaga kualitas terbaik tetap berjalan meskipun masa audit telah selesai yakni melalui metode HEI (Harmony, Excellence, dan Integrity) yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap kinerja masing-masing unit.

(Danang Respati Wicaksono / HUMAS UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial
www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432