Edukasi Literasi Wawasan Pengelolaan Keuangan: Pengabdian Masyarakat UNDIRA

Pelaku ekonomi memiliki dampak yang signifikan terhadap kontribusi sektor ekonomi Indonesia. Mayoritas pendapatan ekonomi Indonesia berasal dari industri menengah dan kecil atau yang lebih dikenal dengan sebutan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM menjadi pilihan alternatif bagi perjuangan hidup mayoritas perempuan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak dari pandemi yang berkepanjangan beberapa waktu lalu.

Namun, sejak adanya perubahan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, terjadi peningkatan persaingan yang ketat di sektor bisnis Indonesia. Oleh karena itu, peran perguruan tinggi sebagai penyedia ilmu pengetahuan menjadi sebuah tanggung jawab bagi para mahasiswa untuk membagikan ilmu yang telah mereka dapatkan di bangku pendidikan.

1

Pada tanggal 3 Maret 2024, telah dilaksanakan kegiatan Edukasi Literasi Keuangan bagi Pelaku Usaha oleh dosen-dosen dari Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Dian Nusantara, Ryani Dhyan Parashakti, SE, MM, Dwi Aprillita, S.ST, MM, Dr. Didin Hikmah Perkasa, SE, MM yang bertempat di Jalan Warakas VIII Gang 10, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) bekerja sama dengan dua universitas lainnya yaitu Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) & Sekolah Tinggi Theologia Injili Jakarta (STTIJA).

Kegiatan ini dirancang khusus untuk ibu rumah tangga yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pasca pandemi COVID-19. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan edukasi literasi keuangan sehingga para ibu rumah tangga mampu mengelola roda ekonomi keluarga serta mensosialisasikan konsep-konsep ilmiah dalam Program Studi Ekonomi, sejalan dengan pelaksanaan salah satu program Tridharma Perguruan Tinggi.

Program kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga setempat RT 005 RW 10 dan dihadiri oleh 20 peserta. Acara ini menghadirkan pembicara yang juga bertindak sebagai narasumber dan pelaksana teknis di lokasi kegiatan. Selama acara, para peserta menerima pembekalan strategi dalam pengelolaan keuangan usaha bisnis guna mengoptimalkan perputaran finansial keluarga.

Materi edukasi turut mencakup topik pengelolaan modal pinjaman dan cara memanfaatkannya untuk meraih keuntungan. Ini penting mengingat banyaknya kasus peminjaman modal di Indonesia yang tidak mencapai titik balik modal, sehingga berpotensi menimbulkan utang. Dengan adanya pembekalan dari acara ini, diharapkan para peserta akan mampu meningkatkan efektivitas penggunaan dana pinjaman secara maksimal.

Program ini secara khusus menegaskan betapa pentingnya memisahkan keuangan usaha bisnis dari keuangan pribadi. Langkah ini dirancang untuk mengatur tata kelola keuangan keluarga dengan lebih baik, sehingga dapat mencegah terjadinya alokasi pengeluaran yang tidak terpantau atau tidak teratur.

Salah satu peserta program edukasi, yang merupakan istri Ketua RT setempat, memberikan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut: “Program ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan usaha kecil. Pengetahuan tentang pengelolaan keuangan adalah aspek krusial. Kini, saya lebih paham dan percaya diri dalam mengelola hasil finansial dari usaha bisnis saya.”

2

Ketua RT 005/RW 010 juga menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif kegiatan pengabdian masyarakat yang dijalankan. Beliau menilai bahwa kegiatan tersebut sangat berguna dan telah memberikan wawasan berharga kepada warga setempat, terutama para ibu rumah tangga.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh UNDIRA, UKRIDA, dan STTIJA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manajemen keuangan dan bisnis. Inisiatif ini diharapkan dapat membuka peluang usaha baru serta membantu mempertahankan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) milik warga agar ekonomi keluarga mereka berjalan menuju arah yang lebih baik.

(Ryani Dhyan Parashakti, SE, MM. - Dwi Aprillita, S.ST, MM / Program Studi Manajamen)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial
www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432