Webinar Career Future Ready

Pusat Pengembangan Karir dan Alumni UNDIRA telah melaksanakan kegiatan webinar pertamanya dalam upaya meningkatkan wawasan sumber daya untuk membekali para alumni UNDIRA dalam menapaki karir. Kegiatan Webinar dimoderatori langsung oleh Kepala Biro Pusat Pengembangan Karir dan Alumni Universitas Dian Nusantara, Putri Ayienda Dinanti, M.Hum. dan ditutup oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Dian Nusantara Rengga Sendirian, M.Hum.. 

Pada era perkembangan teknologi saat ini, persiapan langkah-langkah karir yang terarah dan pemahaman informasi terbaru terkait pengembangan karir sangat penting. Dua komponen awal yang krusial dalam memulai karir adalah pengembangan CV dan portfolio. Kedua dokumen ini memiliki kegunaan masing-masing.

  • CV (Curriculum Vitae) berisikan informasi tentang data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki.

  • Portfolio memuat informasi lebih lengkap mengenai capaian-capaian dan prestasi yang dimiliki seseorang. Ini bisa berupa pengalaman di perguruan tinggi, kegiatan kemahasiswaan, atau prestasi lainnya, termasuk pengalaman kerja.

Untuk memahami kedua dokumen awal persiapan karir tersebut, Pusat Pengembangan Karir dan Alumni menghadirkan pakar dalam bidang pembuatan CV dan Portfolio. Acara tersebut terdiri dari dua sesi panel yang disampaikan dan dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

Sesi Panel Pertama Dipaparkan oleh Bapak Jonathan Yohanes dengan tema “The Secrets of CV for ATS Success (A Live Demo)” dari Kinobi Technologies Indonesia. Kinobi adalah perusahaan penyedia jasa manajemen non-akademis yang salah satunya berfokus pada CV Builder. Didirikan pada tahun 2020, perusahaan asal Singapura ini memiliki visi menjadi platform akselerator karier terbesar di Asia untuk generasi Z yang akan datang. Kinobi bekerja sama dengan UNDIRA untuk memperkenalkan CV ATS-Friendly Builder dan portal lowongan kerja, dengan tujuan meningkatkan persiapan karier mahasiswa. Di era persaingan kesempatan kerja yang tinggi seperti saat ini, banyak perusahaan menerima banyak aplikasi CV. Oleh karena itu, banyak perusahaan menggunakan Applicant Tracking System (ATS) untuk mencari kandidat secara lebih efisien dan efektif. Poin-poin penting yang dibahas meliputi pentingnya menyajikan informasi secara efektif, format-format penting yang harus ada dalam CV yang ramah ATS, serta pentingnya kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Sesi Panel Kedua Diisi oleh Ibu Ika Noviani dari Maxy Academy dengan tema “Leverage Your Portfolio with AI.” Maxy Academy adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan dan digital bootcamp. Beliau yang berpengalaman sebagai sumber daya manusia (HR), berbagi wawasan tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan portfolio yang lebih efektif. Portfolio merupakan dokumen yang menampilkan keahlian, pencapaian, dan pengalaman yang relevan. Jika CV hanya berisi riwayat singkat, maka portfolio berisi informasi lebih detail tentang pencapaian seseorang. Pembuatan portfolio memerlukan keahlian dalam visual presentation dan pemaparan yang baik serta kreatif. Peran AI dalam pembuatan portfolio melibatkan desain visual, pemilihan warna, dan algoritma yang menarik dan terlihat profesional sesuai dengan pengalaman yang dimiliki. Selain itu, AI juga membantu dalam optimisasi kata kunci agar portfolio lebih mudah ditemukan oleh HR.

Dari pemaparan kedua panelis dalam Webinar Career1, banyak pelajaran yang bisa diambil untuk pengembangan karir. Inovasi AI memiliki sisi positif jika dimanfaatkan secara berdampingan dengan skills yang dimiliki individu. Sinergi antara teknologi AI dan keahlian pribadi dapat menciptakan kombinasi visual yang canggih dan efektif.

(Leila Rizki Rahmawati / Biro Pengembangan Karir dan Alumni)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432