Teknik Mesin dan Inovasinya dalam Lingkungan Kerja Modern

05 Juni 2024

Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Setelah terjadinya revolusi industri di Eropa, Teknik Mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu dan semakin berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika. Jurusan Teknik Mesin mengimplementasikan prinsip dasar mekanika dan termodinamika serta menerapkannya dalam desain, analisis, dan pembuatan berbagai macam sistem mesin.

Selain itu ada juga bagian dari Teknik Mesin yang mempelajari ilmu Metalurgi. Metalurgi merupakan ranah terapan dari Teknik Mesin yang mengimplementasi konsep fisika (Termodinamika) dan kimia logam, serta proses ekstraksi, pemurnian, dan pengolahan logam dari bijih mineral hingga menjadi bahan siap pakai.

Teknik Mesin dan metalurgi adalah dua bidang yang memiliki relasi erat dalam berbagai aspek industri dan rekayasa. Teknik Mesin berfokus pada desain, analisis, pembuatan, dan pemeliharaan sistem mekanis. Dalam proses ini, pemilihan bahan adalah salah satu langkah krusial yang mempengaruhi kinerja, efisiensi, dan daya tahan produk. Di sinilah peran metalurgi menjadi sangat penting. Metalurgi, ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisik dan kimia logam serta paduannya, memberikan pengetahuan mendalam tentang bagaimana bahan-bahan logam dapat diolah, ditingkatkan, dan diterapkan dalam studi Teknik Mesin.

Cabang Ilmu Teknik Mesin memiliki sejumlah karakteristik selain adanya konsep yang dipelajari seperti Termodinamika dan Matematika yang membedakannya dari disiplin ilmu lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik utama ilmu Teknik Mesin:

  1. Desain dan Analisis: Ilmu Teknik Mesin juga mencakup keterampilan dalam merancang dan menganalisis berbagai sistem mesin. Ini melibatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip desain yang efisien dan aman serta kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dan alat untuk menganalisis kinerja sistem.

  1. Proses Manufaktur: Teknik Mesin memahami proses produksi dan manufaktur untuk menciptakan komponen mesin yang efisien dan andal. Ini termasuk pengetahuan tentang pemrosesan material, teknologi fabrikasi, dan metode produksi.

  1. Teknologi Terkini: Bidang Teknik Mesin terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, lulusan Teknik Mesin harus dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru dalam bidang seperti robotika, material canggih, dan teknologi produksi yang inovatif. 

  1. Kreativitas dan Inovasi: Ilmu Teknik Mesin mendorong kreativitas dalam merancang solusi untuk tantangan teknis yang kompleks. Inovasi dalam desain, material, dan proses produksi menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem mesin.

  1. Penerapan Prinsip Etika dan Keberlanjutan: Lulusan Teknik Mesin diharapkan untuk menerapkan prinsip etika dalam pekerjaan mereka, termasuk keberpihakan pada keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat. Mereka juga diharapkan mempertimbangkan dampak lingkungan dari desain dan operasi sistem mesin.

Teknik Mesin juga membawakan implementasi ilmu kelistrikan yang dapat berfungsi sebagai komplementer dari pembelajaran utamanya pada desain dan inovasi mesin. ini memungkinkan pengembangan teknologi canggih seperti kendaraan listrik, sistem manufaktur otomatis, dan peralatan medis presisi tinggi, sehingga menghasilkan inovasi yang mendorong kemajuan dalam berbagai sektor industri.

Mahasiswa Teknik Mesin diajarkan untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang material, proses produksi, dan teknologi terbaru yang relevan dengan industri. Dengan fokus pada inovasi, efisiensi, dan keberlanjutan, jurusan Teknik Mesin mempersiapkan lulusannya untuk berperan dalam berbagai industri, mulai dari otomotif hingga energi terbarukan, serta mengejar karier di bidang konsultasi, dan penelitian.

Jika anda adalah seseorang yang mempunyai visi terhadap pembangunan teknologi dan keingintahuan terhadap bagaimana kompleksitas cara kerja mesin, maka jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang tepat untuk menjadi tempat belajar anda. Teknik Mesin mempunyai jalur pekerjaan yang dicari banyak perusahaan, terlebih lagi pada saat ini terdapat banyak pembangunan ekspansi di Indonesia terutama di Ibu Kota Negara Baru (IKN).

Pada bagian perawatan mesin sebagai contohnya yang membutuhkan mekanik yang tentunya berbasis ilmu Teknik Mesin. Contoh lain dari lapangan kerja yang tersedia sebagai pilihan seorang lulusan Teknik Mesin yakni Perencanaan Kota. Ibu Kota Negara Baru dijanjikan sebagai sebuah konsep “Smart City” dan IKN direncankan akan mempunyai saluran kabel, moda transportasi serta jaringan komunikasi yang lebih modern sebanding dengan infrastruktur luar negeri.  

Selain bagian yang berfokus kepada development sebuah rencana pembangunan dan juga ada pekerjaan sebagai Quality Control yang bertugas sebagai pengecekan sebuah barang sebelum diproduksi secara masal ke publik. Sebagai contoh banyaknya pengembangan teknologi yang sedang difokuskan Elon Musk seperti Tesla Home dan Tesla Truck. Banyak perusahaan-perusahaan asing yang sedang berinovasi terhadap pengembangan teknologi. 

teknik mesin UNDIRA

Teknik Mesin merupakan salah satu ilmu terapan yang diminati berbagai bidang industri riset dan pengembangan. Universitas Dian Nusantara menjadi institusi yang memberikan kesempatan untuk para insan mempelajari ilmu tersebut.  Program studi ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki bekal pengetahuan dasar teknik yang kuat sehingga mampu merancang, membuat, menggunakan, menganalisa, serta mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan.

Dengan adanya gabungan dari konsep visioner dan inovatif seorang ahli Teknik Mesin, banyak pekerjaan yang akan terbuka bagi lulusan Teknik Mesin seiring berjalannya waktu dan tuntutan pembangunan negara. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan visi dan misi Universitas Dian Nusantara yang berbasis; “Profesional yang berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada tahun 2030". Para lulusan Teknik Mesin Universitas Dian Nusantara diharapkan menjadi para visioner yang ahli dalam membangun negara.

(Danang Respati Wicaksono / Humas UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/