Company Visit Mahasiswa UNDIRA ke PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA

14 Mei 2024
Oleh : Frederick Marcus

Company visit merupakan salah satu bentuk pembelajaran berbasis pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat melihat bagaimana konsep-konsep teoritis yang dipelajari di kelas diterapkan dalam praktik di dunia nyata. Tujuan utamanya adalah memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pemahaman langsung tentang bagaimana operasi sehari-hari di dunia bisnis atau industri tertentu dilakukan.

Berdasarkan pentingnya sebuah company visit untuk mahasiswa, Direktorat Inovasi dan Pengembangan Usaha Universitas Dian Nusantara melakukan kunjungan ke PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA pada hari Jumat 10 Mei 2024 yang merupakan sebuah peluang penting dalam rangka memberikan pembelajaran praktis kepada mahasiswa tentang kewirausahaan yang akan dipresentasikan pada BSI EXPO INTERNATIONAL.

PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kemasan fleksibel di Indonesia. Perusahaan ini fokus pada produksi kemasan fleksibel yang digunakan dalam berbagai industri, seperti makanan dan minuman, kosmetik, farmasi, dan lainnya.

1

Dalam kunjungan perusahaan ini, Universitas Dian Nusantara diwakili oleh beberapa jajaran pimpinan universitas yaitu Wakil Rektor II Universitas Dian Nusantara, Bapak Dwi Sapto Febriantaka, M.A., Direktur Inovasi & Kewirausahaan Bapak Eriklex Donald, M.M., Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Ibu Desi Ramayanti, S.Kom., M.T. dan Ketua MKCU, Bapak Luthfi Alhazami, S.E., M.M. Turut serta dalam kunjungan ini, para dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan serta beberapa mahasiswa yang mewakili mata kuliah Kewirausahaan II.

PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA menyambut hangat kunjungan dari Universitas Dian Nusantara, yang dipimpin oleh General Manager Bapak Ijo Wira. Selama kunjungan tersebut, beliau mengungkapkan rasa senangnya menjadi tuan rumah bagi para mahasiswa, dosen pengajar, dan jajaran pimpinan universitas. “Kami merasa sangat terhormat atas kunjungan Universitas Dian Nusantara ke PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA. Kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi perusahaan kami untuk menjajaki potensi kolaborasi dan memperkenalkan produk kami sekaligus memperluas jaringan kami dengan para mahasiswa pengusaha muda yang saat ini bergerak di bidang UMKM,” ujar Ijo Wira.

Beliau menekankan pentingnya bagi para mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis yang tidak hanya menarik dan unik, tetapi juga berbeda dari pesaing yang ada di pasar. Beliau menyatakan bahwa keunikan dalam kemasan produk dapat menjadi faktor diferensiasi utama dan sebuah kelebihan bagi pengusaha. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan mahasiswa turut mempresentasikan contoh produk yang akan mereka pasarkan. Bapak Ijo Wira memberikan umpan balik positif terkait dengan strategi kemasan dan elemen mana dari produk tersebut yang paling mungkin menarik minat konsumen.

Setelah diskusi mendalam tentang ePAC, para pimpinan, dosen, dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi area produksi dan menyaksikan secara langsung proses pengoperasian mesin-mesin modern. Mahasiswa dapat menganalisis tahapan produksi yang berlangsung. Sebelum memasuki area produksi, ada protokol keamanan yang harus dipatuhi untuk melindungi produk dari kontaminasi bakteri, virus, atau kuman.

2

Di Akhir kunjungan tersebut, Bapak Eriklex Donald, SE., MM mengucapkan terima kasih yang mendalam atas sambutan baikPT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA dalam kunjungan UNDIRA kali ini, serta beliau juga mengundang PT. ePAC FLEXIBLES INDONESIA untuk berkunjung ke Universitas Dian Nusantara dan mengusulkan untuk menjalin kerjasama dengan mahasiswa dan institusi pendidikan UNDIRA dalam mendukung perhelatan BSI INTERNATIONAL EXPO 2024. Dalam keterangannya, Bapak Eriklex menyoroti bahwa meskipun beberapa produk mahasiswa mendapatkan pujian dan kritik dari Bapak Ijo Wira, potensi yang dimiliki oleh mahasiswa UNDIRA sangatlah kompetitif. Beliau juga menambahkan bahwa setiap tanggapan, baik positif maupun negatif telah dijadikan sebagai pelajaran berharga oleh para mahasiswa serta dosen-dosennya demi meningkatkan keseriusan dalam memasuki arena bisnis global.

(Frederick Marcus / Direktorat Inovasi dan Pengembangan Usaha)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432