Semarak Ramadan UNDIRA Berbagi Berkah 1445 Hijriah

02 April 2024
Oleh : Andhika Dhixz

Jakarta, 28 Maret 2024 - Ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu dan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, rahmat, serta ampunan serta dianggap suci oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah bulan di mana umat Islam berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari setiap hari selama sekitar satu bulan penuh. Seluruh umat Islam juga berusaha meningkatkan ibadah mereka, seperti meningkatkan membaca Al-Qur'an, memperbanyak doa serta zikir dan melakukan sedekah. 

Berbagi berkah dalam bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam dan menjadi waktu yang tepat untuk menyantuni anak yatim dan anggota masyarakat yang kurang mampu, hal ini merupakan tindakan mulia yang terus dijunjung tinggi oleh Universitas Dian Nusantara (UNDIRA).

UNDIRA Berbagi Berkah sebuah acara tahunan yang terinspirasi dari semangat Ramadan, yang diselenggarakan pada tanggal 21 dan 28 Maret 2024 di Kampus Tanjung Duren dan Kampus Cibubur. Agenda ini mencakup pemberian bantuan kepada sekitar 100 orang yang kurang mampu, termasuk anak-anak yatim piatu dari masyarakat sekitar UNDIRA dan Yayasan Yatim dan Dhuafa di Tanjung Duren Selatan. Acara ini juga dihadiri tamu VIP yaitu 3 Pilar dari beberapa kecamatan, seperti kecamatan Tanjung Duren, Kebon Jeruk,dan Jatisampurna. 

UNDIRA BERBAGI BERKAH CIBUBUR

Selain sebagai kegiatan amal yang tidak terpisahkan, Ramadan juga memiliki dimensi sosial yang kuat. Banyak umat Muslim yang menggunakan kesempatan ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Tradisi berbuka puasa bersama juga menjadi momen yang sangat dihargai, di mana orang-orang berkumpul untuk menikmati hidangan lezat setelah seharian menahan lapar dan haus. Interaksi semacam itu berfungsi sebagai wadah untuk membina hubungan interpersonal, yang sangat dianjurkan dalam prinsip-prinsip Islam.

Demikian juga, sebagai bagian dari tradisi tahunan yang telah dilakukan UNDIRA sejak didirikan pada tahun 2019, selain memberikan santunan, UNDIRA juga menyelenggarakan acara buka puasa bersama antar karyawan. Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen UNDIRA untuk membina ikatan dan memperkuat suasana kekeluargaan di antara para pemimpin dan karyawannya, terutama selama bulan Ramadhan. Tradisi ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 23 Maret yang bertujuan untuk berbagi dan sebagai salah satu ajang keakraban antar karyawan UNDIRA dengan harapan bisa menjadi keluarga agar terciptanya lingkungan kerja yang nyaman dan sejahtera. Selama empat tahun terakhir, kegiatan-kegiatan ini telah menjadi bagian penting dari rutinitas rutin UNDIRA, yang bertujuan untuk mempererat kekeluargaan di dalam organisasi.

TENDIK UNDIRA BERBAGI

Selain itu, selama bulan Ramadan, terjadi peningkatan kesadaran sosial dan kepedulian terhadap sesama. Banyak organisasi dan individu yang mencontohkan hal ini dengan memberikan sumbangan amal serta menerapkan inisiatif kemanusiaan dan niat baik untuk membantu mereka yang membutuhkan. Hal ini mencerminkan ketaatan umat Islam terhadap ajaran Islam yang mendorong untuk mewujudkan nilai-nilai moral yang melekat dalam Islam. Seperti halnya ajaran Nabi Muhammad SAW kepada para pengikutnya tentang kepedulian terhadap kebutuhan orang lain dan berbagi dengan mereka yang kurang beruntung.

Secara keseluruhan, Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam dan dianggap sebagai bulan yang sangat sakral dan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain memanfaatkan waktu ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan selama bulan Ramadan, bulan Ramadan juga memberikan kesempatan untuk mempererat hubungan sosial dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia. Dengan menjalankan ibadah puasa Ramadan secara sungguh-sungguh dan penuh dedikasi yang tulus, yang berujung pada keberhasilan menyelesaikan puasa selama sebulan penuh, umat Islam bersama-sama merayakan kemenangan mereka pada Hari Raya Idul Fitri - hari yang dipenuhi dengan momen-momen penuh sukacita dan rasa syukur.

(Kornelia Johana / HUMAS UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/