Lembaga Riset Pengabdian Masyarakat UNDIRA Sukses Menggelar Pelatihan Strategi Lolos Hibah DIKTI Tahun 2024

27 Januari 2024
Oleh : Administrator

Jakarta, 20 Januari 2024 – Hibah Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) merupakan bentuk dukungan keuangan atau pendanaan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada perguruan tinggi, dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mendukung kegiatan penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan tinggi. Beragam program pendanaan hibah yang disiapkan oleh Kemendikbudristek sebagai bentuk untuk terus mendorong perguruan tinggi melakukan transformasi agar mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang sangat pesat, dengan harapan perguruan tinggi dapat menyiapkan lulusan yang kompeten, tekun, dan siap berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa, serta menjadi warga negara yang produktif.

Untuk itu agar dapat lolos dalam pendanaan hibah dikti tentunya memiliki ketentuan dan persyaratan yang wajib dipenuhi salah satunya adalah kelayakan administrasi, kemudian profil ketua peneliti serta mengenai kelayakan penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan luaran yang dijanjikan. Namun tidak hanya luaran publikasi, tetapi juga adanya luaran lain yang lebih tepat guna bagi masyarakat luas.

Hal tersebut yang kemudian membuat Lembaga Riset Pengambian Masyarakat Universitas Dian Nusantara (LRPM) berupaya untuk mendorong seluruh dosen tetap UNDIRA untuk berperan aktif dalam rangka memenangkan pendanaan Hibah Dikti dengan menggelar “Pelatihan Starategi Lolos Hibah Dikti Tahun 2024”.

Dalam kegiatan tersebut LRPM UNDIRA turut mengundang Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, S.Si., MT., IPM, selaku Guru Besar Universitas Trisakti serta Direktur Lembaga Penelitian dan PkM, sebagai narasumber.

Acara tersebut sukses digelar oleh LRPM UNDIRA pada Sabtu, 20 Januari 2024, pukul 09.00 WIB s/d selesai di Aula Lantai 6, Universitas Dian Nusantara, JI Tanjung Duren Barat II No 1 Grogol Jakarta Barat,yang dihadiri sebanyak kurang lebih 56 peserta dosen tetap UNDIRA dari fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial serta fakultas Teknik dan Informatika Universitas Dian Nusantara.

LRPM - 1

Kegiatan Pelatihan Starategi Lolos Hibah Dikti Tahun 2024 dibuka oleh Dr. Ir. Muhammad Hanafi, MBA., IPU, selaku Direktur Lembaga Riset Pengabdian Masyarakat (LRPM) UNDIRA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta hingga mampu mendapatkan tips dan trik agar lolos dalam pendanaan Hibah Dikti 2024.

“Selain target universitas para dosen juga memiliki keinginan yang sama untuk bisa lolos hibah 2024,” ungkap Dr. Ir. Muhammad Hanafi, MBA., IPU dalam sambutannya. 

Dr. Ir. Muhammad Hanafi, MBA., IPU, juga berharap selain mendapatkan pendanaan juga bisa mengedukasi dan memberikan manfaat untuk orang lain.

“Selain bapak-ibu mendapatkan terget pribadi, tetapi yang bapak-ibu kerjakan itu bisa menjadi, meduplikasi, mengedukasi orang-orang selanjutnya yang akan melakukan hibah dan manfaat daripada hasilnya,” tambahnya. 

LRPM - 2

 

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik Ir.Margono Sugeng, M.Sc  menyampailkan sambutan, beliau menyampaikan selain mengajar dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk itu dengan berlangsungnya acara ini dhiarapkan dapat memberikan motivasi bagi para dosen.

“Sebagaimana kita ketahui Bersama bahwa selaku dosen kita mempunyai kewajiban mengajar juga mempunyai kewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat, dan hal ini tentu dengan maksud untuk lebih memotivasi kita semua dalam mejalankan profesi kita selaku dosen,” ucap Ir.Margono Sugeng, M.Sc.

Selain itu, Ir.Margono Sugeng, M.Sc. juga memberikan apresiasinya kepada Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, S.Si., MT., IPM, selaku narasumber dan berharap apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta.

“Kami atas nama pimpinan Universitas Dian Nusantara menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, S.Si., MT., IPM, selaku narasumber, semoga materi yang disampaikan nanti akan bermanfaat bagi seluruh peserta dan kita semua,” lanjutnya.

LRPM - 3

Dalam paparannya Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, S.Si., MT., IPM, memberikan tips dan triknya agar para dosen UNDIRA bisa mendapat pendanaan Hibah Dikti selanjutnya.

Selain itu, Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, S.Si., MT., IPM, juga memberikan motivasinya agar para dosen UNDIRA bisa lebih bersemangat dalam meningkatkan karya ilmiahnya, termasuk Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

LRPM - 4

(Andri Firmansyah Sanudin / LRPM UNDIRA)

Press Contact :

Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432