Manajemen Media Sosial: Peran Call to Action dalam Meningkatkan Campaign dan Konten Kreatif

Di era digitalisasi dan industri 4.0, media sosial berkembang menjadi platform yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana interaksi dan ekspresi, tetapi juga sebagai media transaksional yang efektif. Dengan berbagai fitur seperti Meta Business Suite, TikTok Ads, dan Google Ads, media sosial kini menjadi alat yang memfasilitasi promosi produk atau jasa serta personal branding.
Menurut Telkom, Indonesia memiliki pengguna media sosial terbesar di Asia Tenggara, bahkan mengungguli Amerika Serikat. WhatsApp memimpin dengan 90,9% pengguna, sementara TikTok mencapai 157,6 juta pengguna di Indonesia pada Juli 2024. Ini membuka peluang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan media sosial dalam menjalankan campaign yang efektif untuk meningkatkan komunikasi publik dan promosi.
Salah satu komponen penting dalam strategi media sosial adalah Call to Action (CTA). CTA bertujuan mengarahkan audiens ke tindakan spesifik sesuai tujuan perusahaan, seperti mengunjungi situs web atau mendaftar. Contoh CTA yang umum antara lain "pelajari lebih lanjut," "baca lebih lanjut," atau "ikuti kami." CTA yang dikemas dalam konten visual atau teks persuasif mampu memicu rasa penasaran dan minat audiens.
Manfaat dari adanya CTA dalam campaign promosional dalam media sosial meliputi:
-
Memperjelas Tujuan Audiens
CTA mengarahkan perhatian audiens pada tindakan yang diinginkan, meningkatkan peluang partisipasi dan interaksi yang lebih tinggi. -
Meningkatkan Keterlibatan
CTA yang menarik dapat meningkatkan engagement, memperkuat visibilitas konten karena algoritma media sosial memprioritaskan konten dengan tingkat interaksi tinggi. -
Mengoptimalkan Konversi
CTA seperti "Daftar Sekarang" atau "Coba Gratis" dapat mendorong audiens untuk segera bertindak, meningkatkan tingkat konversi. -
Memperluas Jangkauan dan Brand Awareness
CTA yang mendorong share atau follow membantu memperluas jangkauan, meningkatkan kesadaran publik terhadap brand. -
Mengumpulkan Data untuk Retargeting
CTA yang mengajak pengisian data, seperti "Dapatkan Penawaran Khusus," membantu mengumpulkan informasi yang berguna untuk kampanye retargeting dan pengembangan hubungan jangka panjang.
Penggunaan CTA yang tepat meningkatkan kemampuan pelanggan dalam memahami kebutuhan mereka terhadap layanan yang ditawarkan. Dengan akses informasi yang lebih mudah di media sosial, keputusan pelanggan akan semakin terarah.
Dalam menyesuaikan kebutuhan pasar, penguasaan content creation dan manajemen konten sangat penting. Sebagai institusi pendidikan yang bergerak dengan misi berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Universitas Dian Nusantara menjadi kampus yang dapat mengembangkan kreatifitas dan jiwa entrepreneurial mahasiswanya melalui kesempatan untuk berinovasi. Salah satu Program studi UNDIRA yakni; Ilmu Manajemen, membekali mahasiswa dengan kemampuan mengelola bisnis secara efisien dan inovatif, keterampilan yang sangat berguna dalam menghadapi kemajuan teknologi yang semakin pesat. Melalui pendidikan di UNDIRA maka mahasiswa akan dapat bersaing secara kompetitif dan up-to-date di tengah industri 4.0 beserta globalisasi.
(Kornelia Johana / Humas UNDIRA)
Press Contact :
Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara
Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial
www.undira.ac.id

Kampus Tanjung Duren
Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1
Grogol, Jakarta Barat. 11470
Kampus Green Ville
JIn. Mangga XIV No. 3
Kampus Cibubur
Jln. Rawa Dolar 65
Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432