Apresiasi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi Kado Spesial Akhir Tahun

17 Desember 2022
Oleh : Andhika Dhixz

Halo Kawan UNDIRA! Kabar gembira selanjutnya datang dari rekan-rekan mahasiswa UNDIRA yang mengikuti program Wirausaha Merdeka dan menjadi bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam program ini mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas perkuliahan, pengalaman praktis, serta pembekalan pola pikir (mindset) dan kompetensi wirausaha, yang bisa dikonversi dengan satuan kredit semester sampai dengan 20 satuan kredit semester. Kemendikbudristek memilih 17 kampus untuk menjadi pelaksana program kewirausahaan ini, salah satunya adalah Universitas Prasetiya Mulya (UPM).

Program yang diberi nama Inkubasi Calon Wirausaha Inovatif Berorientasi Teknologi (SIWIRA-INOTEK) ini berhasil mengasah 330 mahasiswa dari 39 perguruan tinggi di 7 provinsi Indonesia. Mereka digembleng berbagai ilmu kewirausahaan 1 semester dengan sistem pembelajaran offline dan online.


Pada Kamis 8 Desember 2022 lalu, mahasiswa UNDIRA peserta program Wirausaha Merdeka (WMK) Angkatan 1 Tahun 2022 telah sukses melaksanakan Demo Day di UPM. Demo day adalah ajang presentasi bagi para startup dalam ini mahasiswa peserta program Wirausaha Merdeka untuk memperkenalkan produk maupun jasanya, sekaligus untuk mempertemukan para startup dengan para calon investor/konsumen. Dalam program ini, berhasil tercipta sebanyak 33 ide bisnis dari tim peserta. Klasifikasinya meliputi 17 ide bisnis berbasis produk food & beverage, 5 jenis produk craft, 3 macam produk fashion, 8 ide bisnis berbasis service IT. Selanjutnya dari hasil kurasi tim juri independen, terpilih 7 pemenang best prototype.


Dan kabar selanjutnya datang dari mahasiswa yang telah ikut serta dalam acara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) yang melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), menggelar ajang tahunan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022. KMI Expo digelar sebagai wadah bagi sekelompok wirausaha mahasiswa untuk menunjukkan produk terbaiknya. Tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menjadi tuan rumah pada KMI Expo XIII Tahun 2022 yang berlangsung pada 22-25 November 2022 dengan tema “Entrepreneurship Change To Good Life”. KMI Expo XIII diikuti sekitar 351 perguruan tinggi, 951 Produk Usaha dan lebih dari 3000 mahasiswa peserta. Selain itu terdapat 402 booth pameran dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.


Sesuai dengan Perpres Nomor 2 Tahun 2022, wirausaha mahasiswa menjadi prioritas nasional di Kemendikbudristek. Dengan demikian penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia diharapkan bisa membantu mahasiswa yang tengah bertumbuh dan berkembang kewirausahaannya.


Penyematan sertifikat serta ucapan selamat diberikan langsung oleh Rektor Universitas Dian Nusantara, Prof. Dr. H. Suharyadi, MS. lengkap beserta jajaran pimpinan UNDIRA lainnya, pada Selasa 13 Desember 2022 , yang secara bersamaan dengan Rapat Pimpinan Universitas Dian Nusantara.


Tetap semangat dan aktif Kawan UNDIRA membangun relasi dan koneksi, terus berkarya serta mengharumkan Universitas Dian Nusantara.

 

#infoundira

#mahasiswaberprestasi 

#bagustakharusmahal 


Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/