Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kerjasama Internasional: UNDIRA dan USM Tandatangani MoU

Jakarta 2 Juli 2024, Memorandum of Understanding (MoU) secara resmi ditandatangani antara Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) dan Universiti Sains Malaysia (USM). Acara diawali dengan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh perwakilan masing-masing institusi.

Dalam sambutannya, Prof. Suharyadi selaku Rektor Universitas Dian Nusantara menyoroti bahwa UNDIRA akan memasuki usia kelima pada bulan September 2024. Beliau juga mencatat berbagai kolaborasi dan pencapaian UNDIRA selama periode ini.

Beliau juga menyampaikan pengalaman saat menjabat sebagai Rektor Universitas Mercu Buana (UMB), bahwa kolaborasinya dengan USM memberikan dampak pengembangan yang positif bagi UMB. Sehubungan dengan hal tersebut, Prof. Suharyadi yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Dian Nusantara, berharap atas kerjasama UNDIRA dan USM dapat membawa dampak pada peningkatan kualitas pendidikan Universitas Dian Nusantara di masa mendatang.

4

Universiti Sains Malaysia (USM) diwakili oleh dua delegasi dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yaitu Prof. Dr. Anees Janee Ali, Associate Professor dari School of Management (SOM), dan Salameh Al Khazaleh, Teaching Assistant dari SOM. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa saat ini, hanya 10% mahasiswa USM yang berasal dari Indonesia, sementara mayoritas merupakan mahasiswa keturunan Tionghoa. Dalam peringkat perguruan tinggi dunia, USM menempati posisi ke-145, turun dari posisi ke-135 pada tahun sebelumnya.

Kerjasama ini sangat dinantikan karena memberikan peluang besar untuk pengembangan program pendidikan khususnya dalam hal peninjauan kurikulum (Curriculum Review) dan kuliah tamu (Visiting Lecture) berkala. Diharapkan kerjasama ini akan mendorong pertukaran pengetahuan yang berkelanjutan antara kedua institusi.

3

Salah satu manfaat dari pelaksanaan Curriculum Review adalah revisi dan evaluasi metode penilaian yang diterapkan pada tugas akhir dan ujian semester mahasiswa. Menurut Prof. Anees, kegiatan Curriculum Review ini akan mengantarkan perubahan dalam persentase penilaian yang dialokasikan kepada mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan objektivitas dan mencerminkan kontribusi serius terhadap penelitian tanpa memberi beban berlebihan kepada mahasiswa. Serta untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan selaras dengan standar internasional, tetap relevan dengan perkembangan industri, serta meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan di pasar global.

Kerjasama ini memiliki cakupan yang lebih luas, sebagaimana diungkapkan oleh salah satu pembicara, Prof. Dr. Anees Janee. Para mahasiswa, dosen, dan beberapa staf universitas akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pertukaran antara kedua universitas tersebut. Seiring dengan pelaksanaan program Curriculum Review dan kunjungan akademik dari pengajar tamu (Visiting Lecture), hal ini juga didukung oleh upaya Kampus Merdeka. Dukungan yang disediakan melalui program Kampus Merdeka diharapkan dapat memperkuat kerjasama yang bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa di masa mendatang.

2


1

 

(Danang Respati Wicaksono / HUMAS UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial
www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432