Penandatanganan MoU RRI Jakarta dan Universitas Dian Nusantara: Sebuah Peluang Perkembangan

Dengan jaringan yang luas, Radio Republik Indonesia (RRI) memiliki banyak stasiun di seluruh Indonesia, menjangkau berbagai daerah termasuk pelosok-pelosok terpencil. RRI juga menyediakan program-program dalam berbagai bahasa daerah untuk mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Selain itu, RRI berperan dalam penyebaran informasi resmi pemerintah dan menjadi sumber berita yang terpercaya di saat-saat genting, seperti bencana alam dan situasi darurat lainnya. Sebagai lembaga yang terus berkembang, RRI telah melakukan berbagai inovasi untuk mengikuti perkembangan teknologi, termasuk penyiaran melalui internet dan media sosial.

Pada hari Kamis tanggal 6 Juni 2024, Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) berkesempatan untuk berkunjung ke RRI dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Penandatanganan MoU ini merupakan perpanjangan dari kerjasama sebelumnya yang telah dimulai sejak tahun 2020. Implementasi dari kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya telah menghasilkan beberapa kolaborasi antara RRI dan UNDIRA khususnya program studi Ilmu Komunikasi, seperti kunjungan studi mahasiswa, pelaksanaan program pratik kerja lapangan, penelitian, hingga beberapa kegiatan seperti seminar baik daring maupun luring. 

Pada kesempatan ini beberapa representatif UNDIRA yang turut hadir diantaranya, Ir. Margono Sugeng M.Sc. selaku Wakil Rektor I, Wahyu Budi S.S., M.Sas. selaku Kepala Biro Kerjasama, Sri Hesti S.I.Kom., M.I.Kom. selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Anna Nurjanah S.Ikom., M.A selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UNDIRA, dan Komarudin S.T., M.T. selaku Program Studi Ilmu Komunikasi Teknik Mesin UNDIRA. Melalui pertemuan dan kerjasama ini diharapkan pihak UNDIRA dan RRI dapat melakukan pengembangan dalam bidang penelitian dan membuka kesempatan bagi mahasiswa UNDIRA untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, hal ini dilakukan agar mahasiswa UNDIRA dapat memperluas kompetensi dan soft skill. 

Dalam pertemuan tersebut para representatif UNDIRA juga membahas terkait implementasi dari kerjasama yang telah terjalin antara UNDIRA dan RRI dan juga membahas beberapa hal seputar RRI baik dalam konteks sejarah ataupun dalam bentuk program yang ada di RRI beserta fasilitas yang ada. Sebagai salah satu media tertua di Indonesia, RRI berperan penting dalam menyebarluaskan informasi dan berita kepada masyarakat. 

RRI memiliki beberapa kegiatan yang dapat mendukung pengembangan kreativitas mahasiswa yang akan melakukan program praktik kerja lapangan seperti pengadaan kanal radio yang dapat digunakan sebagai platform Podcast dan pemberian konten Educational. Adanya beberapa kanal seperti Kanal Pro Satu sampai Tiga yang tentunya didukung oleh adanya pemancar terrestrial dan bantuan Satelit Merah Putih 2 yang merupakan buatan dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), maka program yang diselenggarakan RRI dapat menjangkau seluruh Indonesia. RRI juga mempunyai media streaming yang dapat diakses melalui website resmi RRI.  

Namun, dalam sejarahnya RRI mengatakan belum pernah melakukan penelitian consensus untuk memperbarui data terhadap acara favorit terutama para anak muda. RRI mempunyai beberapa program yang dimanfaatkan oleh para mahasiswa magang, salah satunya adalah Voice of Indonesia (VOI). Program VOI memberikan wadah bagi penyiaran dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Selain itu RRI juga membuka kesempatan bagi para narasumber untuk melakukan podcast educative.

1

Selanjutnya Wakil Rektor I UNDIRA Ir., Margono Sugeng M.Sc melanjutkan bagaimana harapan kedepannya perihal kerjasama UNDIRA dan RRI dalam pengembangan penelitian dan mahasiswa. Dalam lingkup penelitian dijelaskan bahwa selain mahasiswa yang akan melakukan kerja lapangan, akan ada juga program pengabdian dosen untuk melakukan penelitian bersama pihak RRI. Penelitian ini diharapkan kedepannya dapat menjadi bagian program MBKM mandiri.

Melalui MoU ini kedepannya mahasiswa akan mendapatkan kesempatan magang di RRI. Mahasiswa akan dilatih berbagai ilmu jurnalistik dan akan terjun langsung ke lapangan untuk mencari informasi serta melakukan kegiatan penelitian Fenomenologi Sosial bersama RRI. Selain itu mahasiswa juga berkesempatan untuk menjadi seorang Asisten Produser dalam beberapa program yang direncanakan dan ditayangkan oleh pihak RRI. 

Dalam ranah non-jurnalistik terdapat beberapa penawaran aktivitas interaktif dan pengembangan kesenian dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana kegiatan kreatif oleh RRI. Pada akhir sesi, Ir., Margono Sugeng M.Sc. menyampaikan bahwa sebagai bentuk program kampus merdeka kegiatan kolaborasi dan pembelajaran mahasiswa UNDIRA dengan RRI, akan setara dengan satu sampai dua semester yang akan dituangkan ke dalam karya tulis laporan tugas akhir atau skripsi mahasiswa.

2

(Danang Respati Wicaksono / Humas UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

[email protected]

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/