Transformasi AI-Powered Research: 10 Tools AI Esensial untuk Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Perkembangan teknologi saat ini semakin menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, termasuk dengan kehadiran Artificial Intelligence (AI) yang mengalami kemajuan signifikan dalam berbagai lini kehidupan. AI telah merevolusi banyak aspek riset di berbagai disiplin ilmu. Melalui berbagai alat AI yang ada saat ini, peneliti dapat dibantu dalam berbagai tahap penelitian. Alat-alat ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan lebih cepat dan akurat, menyusun laporan, serta memastikan orisinalitas karya mereka melalui pemeriksaan plagiarisme. Dengan penggunaan yang tepat, AI dapat mempercepat kemajuan akademis dan meningkatkan kualitas penelitian secara keseluruhan.

Dalam memanfaatkan AI sebagai alat pendukung dalam melakukan riset dan penelitian, tentunya perlu mengetahui lebih jauh mengenai manfaat, potensi, dan tantangan yang berkaitan dengan penggunaan AI dalam melakukan riset. Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema "AI-Powered Research: Strategies for Advancing Your Academic Career," yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Universitas Dian Nusantara semester akhir.

Kuliah Umum ini diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 25 Juni 2024, di Universitas Dian Nusantara Kampus Tanjung Duren, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Ibu Nani Teig, Ph.D. Beliau merupakan Associate Professor of Science Education di Department of Teacher Education and School Research dan menyelesaikan studi doktoralnya di University of Oslo.

Dalam kesempatannya, Ibu Nani Teig, Ph.D memaparkan gambaran umum tentang AI dalam penelitian akademik, bagaimana alat bantu AI dapat digunakan dalam proses penelitian, serta plagiarisme dan pertimbangan etis lainnya dalam menggunakan AI untuk penelitian. Ia juga tidak lupa menyampaikan terkait penggunaan AI dalam pelaksanaan pengajaran dan riset di perguruan tinggi. Sebagai contoh, AI dapat membantu mahasiswa mencari ide penelitian, seperti menentukan pertanyaan penelitian yang tepat dan metode yang sesuai untuk digunakan dalam riset. Selain itu, AI dapat digunakan untuk pengumpulan data (data collection), analisis data (data analysis), serta membantu membuat sintaksis (syntax). AI juga dapat membantu dalam penulisan, seperti meningkatkan kualitas penulisan, memformat ulang kutipan dan referensi, serta menerjemahkan tulisan.

Banyak sekali tools AI yang dapat membantu dalam melakukan riset penelitian, tidak hanya untuk menulis, mencari sumber literatur, atau melakukan analisis data, tetapi juga untuk berbagai keperluan lainnya. Berikut 10 tools AI penelitian teratas pada tahun 2023 yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa:

  1. Pencarian Jurnal: Elicit, Connected Papers, Research Rabbit

  2. Asisten Penulisan: Google Bard, WordTune, Poe

  3. Tata Bahasa & Parafrase: Quillbot, Grammarly, PaperPal

  4. Sitasi: Mendeley, JabRef, Zotero

  5. Illustrasi: BioRender, Canva, Google Diagrams

  6. Data (Quantitative): Polymersearch, Akkio, Monkeylearn

  7. Data (Qualitative): ATLAS.ti, Lumivero, Otter.ai

  8. Presentasi: Tome, Prezi, Slide.ai

  9. Excel: Excelly, Ajelix, Alexcelbot

  10. Produktivitas: Trello, Notion, Pomofocus

Alat-alat ini membantu dalam berbagai aspek penelitian, mulai dari pencarian literatur hingga penulisan dan visualisasi.

1

Harapannya, melalui kegiatan Kuliah Umum ini, seluruh peserta dapat memahami potensi aplikasi AI dan dampaknya bagi dunia pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh keterampilan praktis dalam menggunakan fitur-fitur AI, seperti Chat GPT, yang sebelumnya belum dipahami. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak seluruh pengguna AI untuk tetap berpikir kritis dan menggunakan AI secara etis dan bertanggung jawab.

(Sekar Ayu Putri / Humas UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial
www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432