Kuliah Umum: Memanfaatkan AI untuk Meningkatkan Kualitas dan Efisiensi dalam Penelitian Akademik

27 Juni 2024
Oleh : Andri Firmansyah

Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat (LRPM) Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema "AI-Powered Research: Strategies for Advancing Your Academic Career" pada tanggal 25 Juni 2024 di Aula Kampus Tanjung Duren Jakarta. Melalui acara ini LRPM UNDIRA menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Ibu Nani Teig, Ph.D. Nani Teig, Ph.D selaku Associate Professor of Science Education di Department of Teacher Education, University of Oslo, Norway.

3

Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Dian Asra Bapak Sagoro Dharmawan, Rektor Universitas Dian Nusantara Prof. Dr. H. Suharyadi, Wakil Rektor III Dr. Ir. Muhammad Hasanuddin Thoyieb, MM, beserta beberapa jajaran pimpinan Universitas Dian Nusantara dan secara resmi kuliah umum ini buka oleh Dr. Ir. Muhammad Hanafi, MBA., IPU selaku Direktur Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat (LRPM) UNDIRA. 

Dalam paparannya, Nani Teig, Ph.D menyampaikan materi tentang pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam riset akademik. Beliau menekankan pentingnya strategi yang tepat dalam memanfaatkan AI untuk meningkatkan karir akademik, salah satunya penggunaan ChatGPT. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang teknik prompt engineering yang efektif untuk mendapatkan informasi yang akurat dan relevan. Serta sebagai pengguna AI diperlukan Critical Thinking untuk mengontrol bagaimana penggunaan AI.

2

Strategi riset berbasis kecerdasan buatan (AI) dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk memajukan karir akademik. Beliau menguraikan berbagai metode dan alat hingga tools yang dapat membantu para peneliti dalam mengumpulkan dan menganalisis data, serta bagaimana AI dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penelitian.

Acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta, yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan peneliti dari berbagai disiplin ilmu. Mereka mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana teknologi AI dapat diintegrasikan dalam riset untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan inovatif.

Sebagai penutup, Prof. Dr. H. Suharyadi selaku Rektor Universitas Dian Nusantara mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi saat ini bergerak dengan sangat cepat, menciptakan perubahan dan inovasi yang terus-menerus. Dalam menghadapi situasi ini, para dosen perlu meningkatkan kecepatan belajar mereka agar tetap relevan dan kompeten dalam dunia pendidikan. Sangat penting bagi dosen untuk tidak tertinggal oleh mahasiswanya, sehingga mereka dapat terus memberikan pembelajaran yang berkualitas dan up-to-date.

1

Melalui kuliah umum ini, diharapkan bahwa para akademisi dan peneliti memperoleh inspirasi serta pengetahuan baru dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Universitas Dian Nusantara tetap berkomitmen untuk menyediakan platform yang mendukung pengembangan riset dan inovasi, salah satunya melalui pelaksanaan kuliah umum ini. Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh civitas akademika UNDIRA untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang penelitian.

6


5


4

(Andri Firmansyah Sanudin / LRPM UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id

Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432