Pembukaan Perkuliahan 2019/2020

Pembukaan Perkuliahan 2019/2020

Pindah ke Jakarta, Undira Kebanjiran Mahasiswa dari Karyawan Milenial.

Universitas Dian Nusantara (Undira) start perkuliahan tahun akademik 2019/2020. Meski baru dibuka di Jakarta, perguruan tinggi swasta di bilangan Tanjung Duren, Jakarta Barat itu kebanjiran mahasiswa terutama dari kalangan karyawan milenial.

”Alhamdulillah pada tahun pertama buka ini saja kita bisa merekrut 1.400 lebih mahasiswa baru,” ungkap Rektor Undira Prof Dr H Suharyadi MS (28/9/2019). Suharyadi mengatakan, kampus Undira di Jakarta sebenarnya pindahan dari Medan karena di sana kurang berkembang. Untuk angkatan pertama kampus di Jakarta, sebagian besar diisi oleh karyawan atau pekerja lulusan SMA/sederajat.

”Kami melihat mereka ingin meningkatkan karir di tempat kerjanya dengan memiliki gelar S1,” ungkap mantan Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) tersebut.  Menurutnya, mahasiswa Undira benar-benar memiliki semangat kuliah yang tinggi. Mereka statusnya pekerja dan membiayai kuliah sendiri.

Suharyadi mengungkapkan, di Jakarta masih sangat banyak pekerja dari lulusan SMA yang sebelumnya tidak bisa kuliah karena faktor ekonomi orang tua. Menurutnya, mahasiswa yang berstatus karyawan justru memiliki kemampuan akedemik lebih bagus daripada lulusan setingkat SMA yang kuliah di perguruan tinggi negeri. ”Karena mereka di tempat kerja pun hasil dari seleksi. Begitu pula mereka membiayai kuliah sendiri sehingga memiliki semangat untuk menyelesaikan setiap proses dengan prima,” cetusnya.

Suharyadi menyebut, salah satu faktor yang menjadi magnet Undira adalah biayanya masih murah. Faktor kedua adalah kepercayaan dari publik. Sebab di belakannya dikelola oleh orang-orang berpengalaman mengelola perguruan tinggi besar. ”Saya sendiri pendiri Universitas Mercu Buana dari nol sampai 2018. Sekarang saya bergabung dengan Ibu Margianti yang punya Universitas Gunadarma,” ungkapnya. Dikatakan, untuk tahun pertama sebagian besar diselenggarakan kelas karyawan dan masih sekitar 10 persen kelas reguler.

Perkuliahan kelas karyawan pada Senin-Jumat di malam hari pukul 19.00-22.00 3 SKS dan pada Sabtu mulai pagi hingga sore 6 SKS. Sehingga dalam satu semester 21 SKS terpenuhi. ”Tahun depan baru kita genjot fresh graduate dari SMA dengan target 1.000 mahasiswa, dan dari karyawan target 2.000 mahasiswa. Akan dibangung kampus yang baru untuk menampung mahasiswa yang lebih banyak,” paparnya.

Program studi (prodi) yang paling diminati antaralain management, komunikasi, public relation, dan marketing komunikasi. Tahun depan akan dibuka prodi desain komunikasi visual. ”Dua prodi, yaitu matematika dan biologi belum bisa dibuka karena pendaftarnya kurang dari 10 orang. Mungkin tahun depan kita buka lagi,”kata Suharyadi.

Tapi jika tetap kurang berkembang,  kedua prodi tersebut akan ditutup dan diajukan untuk ganti dengan prodi yang lain. ”Yang disiapkan adalah prodi eksakta yaitu teknik industri dan sistem informatika,”tegasnya.(dni)

Bagikan ke teman-teman mu!
Informasi Terbaru
What Company Needs From Fresh Graduates in New Normal Era.
READ MORE
Marketing Communications?
READ MORE
WEBINAR Universitas Dian Nusantara " Stay at Home Tetap Produktif dan Bahagia "
READ MORE
Public Relations?
READ MORE